Blogger Syntax Highlighter

Halo.. apa kabar sobat blogger ?? semoga semua dalam keadaan baik ... oke, dalam kesempatan kali ini kami akan mencoba berbagi informasi mengenai Syntax Highlighter, mari kita bahas besama-sama.

Apa itu Syntax Highlighter ? 

Syntax Highlighter terdiri dari dua suku kata yaitu Syntax ( identitas-deskripsi code ) dan Highlighter ( Penanda - Pembeda ) , dalam pengertian  secara umum Syntax adalah bentuk deskripsi suatu bahasa dalam aturan-aturan tetentu, dan dalam dunia programing syntax lebih dikenal sebagai suatu identitas atau bentuk dari suatu code tertentu seperti ; syntax HTML , syntax CSS , syntax JavaScript, dan lain sebagainya, dari masing-masing syntax memiliki ciri tertentu yang lebih spesifik lagi dalam pembagian fungsi code perintah  , pembahasan khusus secara detil mengenai syntax HTML, CSS, JavaScript atau yang lain, mudah-mudahan kita dapat membahasnya di lain kesempatan, oke untuk selanjutnya mari kita kembali kepada pokok bahasan, berdasarkan keterangan yang telah disebutkan di atas maka kesimpulanya adalah Sytax Highlighter merupakan penanda dari identitas suatu code tertentu, dan mengenai fungsinya tentunya untuk mempermudah dalam mengenali identitas, perintah serta fungsi  suatu code, untuk contoh agar lebih mudah difahami mari kita lihat gambar dibawah :


Contoh : Syntax  Highlighter

Setelah melihat contoh gambar di atas setidaknya kita telah memperoleh sedikit pengertian mengenai Syntax Highlighter berikut fungsinya, dan bagi sahabat pustaka kreasi yang tertarik untuk menyematkan Syntax Highligter di blognya disini kami akan mencoba sharing mengenai tata caranya,
 
Syntax Highlighter untuk Website dan Blog dikembangkan oleh seseorang yang bernama Alex Gorbatchev untuk lebih detil mengenai Alex Gorbatchev silahkan kesitusnya di sini.

Untuk pemasangan  Syntax Highligter di Blogger  mari kita ikuti langkah berikut :
  1. Login ke Blogger  >>  Design  >> Edit HTML   >> Download Template Lengkap
  2. Kemudian cari code :   ]]></b:skin>  agar lebih cepat gunakan fungsi Ctrl + F untuk pencarian,
  3. Letakan code dibawah ini di bawah code  ]]></b:skin>

    
    
     4. Setelah selesai Preview kalau oke Save template

Untuk penulisan script code pada posting silahkan gunakan cara di bawah ini sesuai dengan jenis code yang akan di posting, pemanggilan code akan dikenali oleh Syntax Highlighter bila dalam penulisan  code menggunakan tag  pembuka   <pre>   dan tag   </pre>   sebagai penutup.


Untuk posting code HTML gunakan :

Letakan Code HTML disini



Untuk posting code CSS gunakan :

#Letakan Code CSS disini



Untuk posting code JavaScript gunakan :

Letakan Code JavaScript disini


Untuk penulisan code yang lain silahkan < pre class="..........;"> diganti dengan  brush:phpbrush:sql, brush:python

Oke sekian dulu sharing kita kali ini selamat mencoba semoga bermanfaat, salam Happy Blogging !!!
Digg it StumbleUpon del.icio.us
 
Copyright @ 2012 By Pustaka Kreasi

Sepintas Tentang Penulis

Saya adalah seseorang yang tertarik untuk mempelajari perkembangan dunia tehnologi internet dan komputer, freelance Designer, Website, Blogger blogs, CSS, HTML, jQuery serta hal lain yang terkait. Dan saya hanya manusia biasa yang masih mempunyai banyak kekurangan yang juga memerlukan kritik, saran dan masukan dari yang lebih faham, terima kasih dan salam happy blogging.

+1